About Me

Tentang Saya








TentangSaya

HAIDIR FITRA SIAGIAN, lahir di Sipirok, sebuah kota kecil berhawa dingin di pedalaman Sumatra Utara, sekitar 120 Km arah Selatan Danau Toba, tanggal 20 Oktober 1974 menjelang shalat Idul Fitri. Dia merupakakan anak pasangan Muhammad Dollar Siagian (alm) dengan Hj. Nursyawalinah Binti Djabolon Pakpahan. Pendidikan dasar dilalui di SD Negeri 4 Sipirok Kelurahan Hutasuhut tamat tahun 1987, dan  sekolah menengah  di SMP Negeri 1 Sipirok tamat tahun 1990. Setelah tamat SMP, atas persetujuan kedua orang tuanya, merantau ke Kota Ujungpandang mengikuti jejak abangnya, Syamsul Bahri Siagian, yang saat itu sedang kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ketika mengecap pendidikan atas di SMA Negeri 3 Makassar, sempat menjadi Sekretaris Umum OSIS dan mendapatkan penghargaan sebagai pelajar berprestasi tahun 1993. Setelah itu, melanjutkan pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin tepatnya pada Jurusan Komunikasi Program Studi Jurnalistik dan diwisuda tanggal 9 September 1999, dan tanpa diduga sebelumnya, beliau termasuk sebagai salah satu wisudawan terbaik tingkat Fakultas.  Kemudian melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi program pascasarjana jenjang S.2. di almamater yang sama, selesai tahun 2005. Kecintaannya pada ilmu pengetahuan, mendorongnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi program doktor yang saat ini masih dalam proses penyelesaian pada Pusat Pengajian Media dan Komunikasi Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan Universiti Kebangsaan Malaysia di bawah bimbingan tiga orang penyelianya; Prof. Madya. Dr. Moch. Yusof Hj. Abdullah, Prof. Madya. Dr. Norma Bt. Mustafa, dan Prof. Madya. Dr. Hjh. Fauziah Ahmad.
Tahun 2006 beliau diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi dosen jurusan Jurnalistik pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Ayah tiga orang anak ini; Luqman, Mada dan Mara; ini sempat menjadi Sekretaris Jurusan Jurnalistik tahun 2008-2010. Dalam bidang akademik, beliau senang mengikuti pertemuan ilmiah dalam bidang komunikasi baik di dalam maupun luar negeri, dan telah menulis beberapa artikel untuk jurnal ilmiah. Sedangkan untuk artikel populer  sering dimuat pada beberapa media cetak yang terbit di Kota Makassar, seperti Harian Fajar dan Harian Tribun Timur. Ini merupakan bukunya yang kedua, setelah tahun lalu terbit buku pertamanya yang berjudul “Komunikasi Politik: Posisi Ulama sebagai Komunikator Politik”.
Untuk menambah wawasan dan pengetahuannya, suami dari dr. Nurhira Abdul Kadir, M.PH. ini, menyempatkan diri untuk berkunjung untuk belajar secara mandiri di perpustakaan   University of Adelaide dan University of Flinders, Australia Selatan,  bulan Maret - Juli 2013. Sebelumnya, tahun 2012 juga melakukan hal yang sama di Perpustakaan Nasional, Singapura. Beliau dapat dihubungi melalui email: hfitrasiagian@gmail.com atau blog pribadinya; catatanhaidirfitrasiagian.blogspot.com.au.***

Post a Comment

0 Comments

close