About Me

JPI Wollongong Dipimpin Ketua Baru



Heranuddin, Pimpin JPI Wollongong

Bertempat di Masjid Omar Wollongong, tadi pagi ba’da subuh (Ahad, 29/12/2019) telah diadakan pergantian pengurus Jamaah Pengajian Illawara (JPI) Wollongong. JPI adalah organisasi sosial yang menghimpun warga Muslim Indonesia, baik berstatus mahasiswa atau pekerja beserta keluarganya, yang berada di kawasan Illawara dan sekitarnya.

Heranuddin, mahasiswa program doktor bidang nuklir pada the University of Wollongong terpilih secara aklamasi sebagai Ketua JPI yang baru periode 2020. Pria berwajah kalem asal Malang Jawa Timur  yang juga ayah empat orang anak ini  menggantikan Diny  Dzulkarnaen yang akrab disapa Pak Dzul, telah bertugas selama dua tahun. Pergantian pengurus ini dilaksanakan agar terjadi regenerasi dan penyegaran program.


Selama kepemimpinan Pak Dzul, telah melaksanakan berbagai kegiatan, seperti pengajian bersama seluruh warga sekali sebulan dan pengajian taman kanak-kanak membaca Al Qur’an. Juga aktif mewakili atau menghadiri kegiatan-keagamaan yang diadakan oleh berbagai komunitas Muslim di kawasan ini. Dan berbagai kegiatan keislaman lainnya.

Untuk periode ke depan, diharapkan tetap melanjutkan program yang sudah berjalan selama ini dan melakukan inovasi untuk masa yang akan datang. Seorang jamaah JPI, Achmad Tarmuji Mujri, yang sering dipanggil Pak Aji, meminta agar diadakan semacam tadabbur alam yang melibatkan seluruh keluarga, seperti jalan-jalan ke museum di Sydney. Bukan hanya anak-anak, tetapi juga mengikutkan para orang tuanya. Ini penting agar anak-anak saling kenal mengenal di antara mereka sesama anak Muslim dari Indonesia. 

Hal lain yang perlu dilakukan menurut Wirawan Kartono, adalah membuat program JPI yang lebih berwarna. Maksudnya adalah melakukan syiar Islam tidak hanya kepada warga Muslim di Illawara tapi juga wajah Islam yg Rahmatan Lil Alamin kepada warga non muslim setempat, sebut pegawai Kementerian Luar Negeri RI yang akrab disapa Pak Wira ini.


Sementara itu dalam pandangan Pak Eka, panggilan akrab Sukahar Eka Adi S, adalah perlunya mendata kembali warga Muslim Indonesia yang ada di Wollongong dan sekitarnya. Terutama dari kalangan yang sudah bekerja di sini atau mereka yang sudah mendapatkan status permanen residen. Ini perlu dilakukan agar memudahkan dalam mengajak mereka berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan JPI pada masa yang akan datang.


Pergantian pengurus tadi pagi dilaksanakan setelah tadarrus Al Qur’an yang secara rutin dilaksanakan setiap hari Ahad ba’da subuh. Diantara pengurus yang hadir antara lain adalah Pak Aji, Pak Eka, Pak Dzul, Pak Udin, Pak Wira, Haidir dan Luqman. Dalam acara istirahat sambil sarapan pagi, turut dihadiri jamaah masjid Omar yang merupakan warga Bangladesh dan Arab Saudi. ***(HFS).

Post a Comment

0 Comments

close